Kejati Gorontalo Serahkan Tersangka Perkara GORR

416

Butota.Id (Daerah) – Provinsi Gorontalo, Dua tersangka dugaan korupsi pembebasan lahan mega proyek Gorontalo Outer Ring Road (GORR), diserahkan Kejati Gorontalo kepada Kejari Kabupaten Gorontalo, Senin (16/11). Hal ini merupakan tindak lanjut dari penanganan perkara yang melibatkan ribuan saksi tersebut.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Gorontalo Mohammad Kasad, kepada media menjelaskan alasan kedua tersangka tersebut diserahkan di Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo. Menurut Kasad, Wialayah hukum kejadian perkara berada di wilayah tersebut.

“Yang dilakukan penyerahan itu adalah dua tersangka yang berinisial FS dan IB. mereka berdua adalah konsultan apraisal dalam pembebasan lahan GORR. Dan kejadian perkara tersebut ada pada wilayah hukum Kejari Kabgor, sehingga tadi kami telah menyerahkan kedua tersangka itu kesana,” Jelas Kasad.

Kasad menambahkan bahwa penyerahan tersangka tersebut, pihaknya juga telah menyerahkan barang bukti untuk kemudian menentukan langkah berikutnya. Kata Kasad, Berkasnya sudah dinyatakan lengkap dan tinggal menunggu apakah akan segera dilimpahkan atau belum.

“Dua tersangka itu berasal dari Jakarta, dan berkas-berkas mereka sudah dinyatakan lengkap dari peneliti.” Tambah Kasad.

Mohammad Kasad juga membeberkan dalam kasus ini terdapat kerugian negara sebesar kurang lebih 43,3 miliar

“sehingga semua tindakan yang tidak benar akan ditelusuri,” tuturnya

Sebelumnya, kasus dugaan korupsi pengadaan lahan GORR ini menyeret empat orang tersangka, yakni G.T.W mantan Kepala Kantor Wilayah BPN Gorontalo selaku Ketua Pelaksana Pengadaan Tanah GORR Tahun 2014 s/d 2017,

A.W.B mantan Kepala Biro Pemerinntahan Pemprov Gorontalo selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan dan dua Pejabat Pembuat Komitmen Instansi yang memerlukan tanah juga selaku Anggota Pelaksana Pengadaan Tanah, F.S dan Ibrl dari pihak apraisal. (team)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here