Dipelopori Mahasiswa KKN UNG, Pemda Gorut Dukung Produk Jamu Jempol Desa Lelato

101

Butota.id (Daerah) – Gorontalo Utara, Produk Jamu Jempol Desa Lelato kecamatan Sumalata, Hasil karya KKN Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo pada beberapa waktu lalu, pun banyak mendapatkan support dari pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara.

Hal ini terlihat dari peran serta Pemerintah Daerah didalam mengembangkan produk Jamu Enak Lelato (Jempol), dalam hal ini Dinas kesehatan dan Dinas Pemdes Gorontalo Utara pada pengurusan izin dan bantuan peningkatan produksinya.

Kepala Dinas Kesehatan Gorut Rizal Yusuf Kune, saat ditemui ruang kerjanya mengatakan bahwa jamu tersebut akan disupport pihaknya. Kata Kadis Rizal, dalam pengurusan izin akan didampingi langsung.

” Ini harus kita support karena kedepannya bisa menjadi Jamu Icon Gorut, ini luar biasa apa lagi fungsinya meningkatkan sistem imun tubuh ini sangat penting ditengah pandemi Covid seperti saat ini. Apa lagi ini bahan alami dan laku luar biasa” Ujar Rizal Yusuf Kune.

Rizal pun mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa UNG yang melaksanakan KKN serta menjadi pelopor adanya produk berkualitas tersebut.

” Terima kasih kepada adik-adik KKN UNG yang memberikan kenang-kenangan yang sangat luar biasa. Inilah yang dikatakan wujud pengabdian selama menjalani KKN didesa Lelato,” Ucap Rizal.

Disamping itu, Dinas Pemdes mengatakan bahwa produk luar biasa tersebut, adalah produk UMKM. Yang oleh pihaknya akan didukung dan akan diberikan perhatian langsung oleh Dinas Pemdes Gorut.

” Terhadap jamu Jempol, sampai pengembangannya akan diperhatikan dan harus dikembangkan oleh Dinas pemdes.” Ujarnya.

Jamu Merk Jempol, Produksi PKK Desa Lelato yang dipelopori oleh Mahasiswa KKN Universitas Negeri Gorontalo

Sementara itu, Kepala desa Lelato Mohammad Kifli Pianus saat menerima kunjungan dari dinas Pemdes Gorut mengucapkan banyak terima kasih atas support dan dukungan dari Bapak Bupati Gorontalo Utara,Wakil Ketua Dewan 1 Gorut Drs.H.Roni Imran kepada OPD yang mensuport produk Jamu Lelato.

” Dalam hal ini yang berperan penting adanya jamu Jempol KKN UNG Desa Lelato, akan segera dirampungkan izin-izinnya dan menjadi produk UMKM yang berdaya saing dan bisa menjadi produk Ikon buat Gorut kedepannya,” Tutup Kades. (B5)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here