Penajaman Program Kerja Rustam Dicky, Solusi Perbaikan dan Pemeliharaan Fasilitas Jalan

66
Oleh : Mudin S. Kau
Ketua Bapilu DPD Partai NasDem Kabupaten Gorontalo
Butota.id (Opini) – Pada faktanya, Sejumlah ruas jalan akses utama yang terdapat diberbagai sudut ruang centra produktif, baik yang menghubungkan antar kecamatan, maupun akses penting untuk distribusi hasil produksi diwilayah Kabupaten Gorontalo pun mengalami penurunan kualitas. Dan bahkan belum disentuh oleh proyek perbaikan secara fisik, padahal centra-centra strategis itu, jika dianalisis dengan pendekatan sosial dan ekonomi, sangat strategis untuk peningkatan arus cepat barang hasil produksi rakyat secara sustunable serta memberikan kenyamanan beraktifitas rutin bagi masyarakat pada umumnya.
Menjadi contoh kongkrit, ruas jalan yang berada disamping Rumah Sakit MM. Dunda. kondisi ruas dan badan jalan sudah sangat memprihatinkan, lampu penerang jalan tidak berfungsi, padahal ada ribuan pengguna jalan di setiap hari dan memanfaatkan ruas jalan itu. Sementara sesuai informasi masyarakat setempat, kondisi jalan itu sudah berlangsung lama kurang lebih 5 tahun sebelumnya. Mirisnya, masyarakat pengguna jalan khususnya diarea komplex ruas jalan itu, sudah sangat tersiksa dan menyerah menghamba kepada pemangku kepentingan, tapi sulit untuk direalisasikan.
Mudin S. Kau
Contoh kongkrit lainnya yakni ruas jalan akses pertanian di Kecamatan Tolangohula, dengan panjang kurang lebih 2 km melewati area persawahan pertanian, hingga saat ini juga tidak ditingkatkan kualitasnya Hal ini mengakibatkan kepasrahan dari para petani yang ada di kecamatan tersebut. Dua kasus ini sangat mengusik hati dan pikiran kami, bagaimana bisa Pemerintah mengharapkan masyarakat berpartisipasi aktif dalam pembangunan, jika kebutuhan prinsip dan mendasar saja tidak dipenuhi. Namun lagi-lagi masalah tersebut telah didapatkan solusinya, Konsistensi yang diawali gerakan hati dan didukung oleh niat serta jiwa yang memiliki komitmen kuat, pasti dapat terwujudkan.
Berdasarkan fakta diatas, maka mesti dirumuskan solusinya. Dengan perenungan panjang serta keinginan kuat untuk menyelesaikan setiap point permasalahan yang berurusan dengan Rakyat maka kami berpikir pentingnya penanganan dan pemberian solusi cepat terhadap kebutuhan prinsip masyarakat khususnya jalan untuk dilakukan perbaikan dan perawatan 2×24 jam.
Dengan cara membentuk unit kerja strategis dan tanggap cepat terhadap kondisi itu, yang tugasnya memantau, mendata dan mengani langsung ruas jalan yang sudah mengalami penurunan kualitas badan dan manfaat jalan (berlubang dan tidak aktifnya penerangan jalan), untuk diperbaiki cepat dan tepat agar warga masyarakat pengguna jalan tetap tersenyum bahagia.
Dalam artian, jika hanya penurunan kualitas baik badan jalan dan penerangan, mestinya pemerintah tidak menunggu rusak terlebih dahulu secara fisik lantas mengulur waktu untuk melakukan tender proyek dengan alasan butuh anggaran besar, hingga kemudian (harus) mengabaikan kebahagiaan rakyat.
Pada prinsipnya pembentukan unit kerja cepat khusus penanganan perbaikan langsung kualitas jalan adalah solusi tepat untuk memotong kepentingan orang-orang tertentu, yang hanya menumpuk fee proyek dari anggaran besar pada proyek fisik jalan. Untuk itu, Pasangan RADG akan memastikan agar stigma lama dalam Pemerintahan itu akan dirubah. Kesungguhan dan berangkat dari niat yang tulus, Rustam Dicky telah berkomitmen untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada dengan tidak menimbulkan masalah.
Disamping itu, masalah komunikasi juga memiliki peran penting dalam menunjang pembangunan daerah. Beberapa wilayah dan desa yang ada di Kabupaten Gorontalo, tidak memiliki jaringan seluller. Hal ini juga menjadi keluhan sebab masyarakat juga membutuhkan informasi dan perkembangan mengenai daerahnya. Keterbatasan anggaran mungkin bisa saja menjadi alasam, namun jika ada kemauan dan komitmen untuk dapat membebaskan rakyat dari keterbelakangan dan mungkin saja tidak adanya kemauan untuk merubah daerah, maka ini tentu akan tersur menjadi persoalan yang besar.
Insya Allah, Jika ikhlas mendukung pasangan Rustam Akili Dan Dicky Gobel, maka kolaborasi program kerja antara Pemerintah dan masyarakat akan terjalin. Komunikasi akan lancar, sebagaimana lancarnya kenderaan pengangkut hasil pertanian berjalan mulus di jalan yang setiap saat terus diawasi dan dikontrol oleh RADG. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here