Puskesmas Kwandang Edukasi Kelompok Rentan HIV

88

Butota.id (Daerah) Gorontalo Utara – Puskesmas Kwandandang melakukan Kampanye dalam rangka Hari HIV sedunia, Kampanye Hari HIV ini dilakukan dengan cara sosialisasi dan membagikan brosur kepada masyarakat.

Kepada Butota.id, Kepala puskesmas kwandang Gorut Yuliana Misar ST.KEB.,M.Kes mengatakan, Kampanye HIV dilakukan dengan memberikan edukasi serta membagikan liflet, guna mencegah HIV yang dari tahun ketahun semakin meningkat untuk kasusnya.

“Jadi kita mencegah untuk terjadinya HIV AIDS dimana pembagian Liflet dijalan agar semakin banyak yang tahu bagaimana cara pencegahan dan melindungi diri dari penyakit ini dikarenakan HIV ini menyangkut daya ketahanan tubuh” ujar Yuliana

Yuliana juga mengatakan, semua tentu tidak ingin para generasi menjadi lemah karena penyakit HIV, Puskesnas Kwandang juga melakukan pemeriksaan kepada kelompok-kelompok beresiko termasuk tenaga kesehatan yang hari ini akan diperiksa dengan menggunakan alat Rapid untuk HIV Aids.

“Selain tenaga kesehatan, kita juga mengundang kelompok beresiko lainnya seperti Waria dan yang juga memiliki seks yang menyimpang supaya juga mereka mengetahui bagaimana melindungi dirinya dan juga membagikan Alat Kontrasepsi untuk kelompok beresiko yang seperti disebutkan tadi,” Kata Yuliana

Bukannya melegalkan, menurut Yuliana penggunaan alat kontrasepsi adalah upaya untuk pencegahan dan melindungi diri, jadi kami memberikan masukan-masukan edukasi, serta motifasi untuk bisa berubah dan berguna untuk melindungi mereka.

Yuliana berharap, agar tidak ada lagi kejadian atau kasus HIV Aids jadi kita lindungi masyarakat kita serta generasi generasi penerus tidak ada lagi kasus menuju akhir dari kasus HIV.

“Moto puskesmas kwandang sendiri adalah memberikan pelayanan prima, dalam hal ini pelayanan prima adalah moto kami dan tema HIV pada tahun ini adalah perkuat kolaburasi dan tingkatkan solidaritas 10 tahun menuju akhir Aids 2030,” Tutup Yuliana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here